Voices on Human Rights Law: Reflections of Police Academy Cadets on Human Rights Issues

Pada sejarah perkembangan pendidikan kepolisian, fase saat ini adalah fase penting mengingat lembaga pendidikan kepolisian khususnya Akademi Kepolisian Semarang telah masuk ke dalam rezim sistem pendidikan nasional. Saat ini status AKPOL sebagai S.1. terapan atau D.4. vokasi telah mantab disandang. Ditambah dengan status akreditasi A yang telah disematkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) kepada AKPOL. Dua hal tersebut bukanlah status yang tanpa konsekuensi dan makna. AKPOL menjadi lembaga pendidikan setara perguruan tinggi (universitas) memiliki konsekuensi bahwa dari dalam kampus ini harus ditemukan dan dikembangkan ilmu pengetahuan yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. Intelektualitas harus diasah. Penelitian harus digalakkan. Tradisi ilmiah akademik harus dipertanggungjawabkan.

Buku ini hadir untuk menjadi salah satu penanda sejarah perkembangan AKPOL. Buku ini berisi gagasan dan refleksi para peserta didik AKPOL atas isu-isu actual. Pendekatan hak asasi manusia dijadikan kacamata untuk menjelaskan isu-isu tersebut. Buku ini sangat menarik karena ditulis oleh para polisi yang baru saja dilantik dan sedang menyelesaikan pendidikan setara S.1. Perspektifnya yang lumayan beragam memberi bukti bahwa kebinekaan gagasan dan ide ternyata tumbuh dalam tradisi pendidikan kepolisian.

en_GBEN
Scroll to Top
Scroll to Top