Training Bagi Staf Unit Layanan Disabilitas Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Pusham UII telah menyelenggarakan pelatihan pada tanggal 08, 17, dan 22 September 2020 kepada staf Unit Layanan Disabilitas (ULD) di Lapas Kelas IIB Sleman, Rupbasan Kelas I Yogyakarta, Rutan Kelas II Bantul, Rupbasan Kelas II Bantul, Rutan Kelas IIB Wates, Rupbasan Kelas Kelas II Wates, Rutan Kelas IIB Wonosari, Bapas Kelas II Wonosari, Rupbasan Kelas II Wonosari. Pelatihan ini cukup optimal memberikan dampak perubahan pengetahuan bagi staf ULD, hal ini diketahui dari hasil post-test yang dilakukan pada akhir kegiatan pelatihan.

Namun demikian, karena protokol kesehatan maka peserta yang diperkenankan mengikuti pelatihan sangat terbatas, yaitu 10 orang untuk setiap pelatihan. Sedangkan staf ULD pada masing-masing UPT Pemasyarakatan berkisar antara 6 sampai dengan 10 orang. Artinya masih banyak staf ULD yang masih membutuhkan peningkatan kapasitas pengetahuan dalam berinteraksi dengan penyandang disabilitas.

Oleh karena itu, Pusham UII akan menyelenggarakan pelatihan online melalui aplikasi Zoom dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Pelatihan online ini dalam rangka mengakomodasi staf ULD yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan offline. Sekalipun disadari bahwa hasilnya tidak akan seoptimal penyelenggaraan offline, namun paling tidak dapat mengubah paradigma staf ULD terhadap penyandang disabilitas. Adapun peserta dalam pelatihan ini adalah staf ULD dari Lapas Kelas IIB Sleman, Rupbasan Kelas I Yogyakarta, Rutan Kelas II Bantul, Rupbasan Kelas II Bantul, Rutan Kelas IIB Wates, Rupbasan Kelas Kelas II Wates, Rutan Kelas IIB Wonosari, Bapas Kelas II Wonosari, Rupbasan Kelas II Wonosari, yang belum pernah mengikuti pelatihan.

TUJUAN KEGIATAN :

  1. Meningkatkan kapasitas Staf ULD mengenai isu disabilitas dan etika berinteraksi;
  2. Meningkatkan pelayanan UPT Pemasyarakatan khususnya bagi penyandang disabilitas.

Bentuk kegiatan dalam trainingini meliputi:

  1. Kegiatan akan diawali dengan pre-test, untuk mengukur sejauhmana pengetahuan peserta mengenai disabilitas;
  2. Akan ada satu orang pembicara dan dua orang fasilitator dalam kegiatan yang bertugas memastikan kelangsungan kegiatan.

Peserta kegiatan dalam training ini adalah perwakilan staf ULD dari masing-masing UPT yang baru memiliki ULD di Provinsi DIY dan belum pernah mengikuti pelatihan sebelumnya, yaitu: 4 orang Lapas Kelas IIB Sleman, 2 orang Rupbasan Kelas I Yogyakarta, 4 orang Rutan Kelas II Bantul, 2 orang Rupbasan Kelas II Bantul, 4 orang Rutan Kelas IIB Wates, 2 orang Rupbasan Kelas Kelas II Wates, 4 orang Rutan Kelas IIB Wonosari, 3 orang Bapas Kelas II Wonosari, 2 orang Rupbasan Kelas II Wonosari. Ditambah dengan peserta dari Kanwil Kemenkumham DIY 2 orang, perwakilan Sabda 1 orang, Sigab 1 orang dan Pusham UII sehingga total peserta berjumlah 32 orang. Dengan  Narasumber Mimi Lusli, PhD. (Direktur Mimi Institu Jakarta)  dan di Fasilitatori oleh Eko Riyadi, SH., MH. dan Dr. Despan Heryansyah, SH., MH.

Kegiatan dilaksanakan pada Hari Selasa, 29 September 2020 Pukul 08.00 – 12.00. Kegiatan dilakukan secara online via aplikasi zoom. Kegiatan ini merupakan kerjasama dari Pusham UII, The Asia Foundation dan AIPJ2.

en_GBEN
Scroll to Top
Scroll to Top